Pendidikan Indonesia

Fudan Mora

Pendidikan Indonesia masih jauh dari nilai positif, entah pendidikan perkotaan, pedesaan maupun pelosok. Semuanya seolah memprihatinkan. Sangat disayangkan memang, sebab sudah lama Indonesia merdeka dan megurus pendidikannya sendiri.

Apalagi ditambah dengan sistem pendidikan yang tidak menentu. Ganti menteri ganti kebijakan dan ganti pula sistem dan kurikulum pendidikan. Akhirnya kita hanya sibuk mengurusi sistem bukan isi pendidikan yang sebenarnya jauh lebih penting dari sekedar sistem.

Masih ada lagi, soal guru. Masih banyak guru, termasuk saya sendiri, tidak memiliki kompetensi mengajar. Ada pun uji kompetensi yang menghabiskan anggaran yang tidak sedikit, tidak menambah kompetensi guru secara signifikan dan menjamin mutu guru.

Ditambah lagi orang tua yang tidak mendukung pendidikan anaknya. Mereka berpikir bahwa menyediakan sekolah, uang jajan, ongkos, uang sekolah, dan buku-buku sudah cukup sebagai tanda tanggung jawab sebagai orang tua pada pendidikan anaknya.

Tetapi tidak sesederhana itu. Anak tidak hanya butuh materi, melainkan juga dukungan moral dan cinta. Materi hanya memenuhi…

View original post 246 more words


Leave a comment